Sabtu, 21 Februari 2009

AQIDAH SEBAGAI PONDASI ISLAM

Ajaran islam terdiri dari 4 aspek :

1. Aqidah (Imam dan Tauhid)
2. Ibadah (hubungan manusia dengan Allah)
3. Akhlaq (perilaku manusia terhadap sesama manusiadan lingkungannya)
4. Siyasah (politik/ketatanegaraan)Kajian ini hanya memfokuskan pada aspek "Aqidah"

Definisi Aqidah :Menurut bahasa 'aqidah berasal dari kata 'aqada, ya'aqidu, 'aqidah ('aqdun) artinya ikatan(perjanjian), kukuh atau transaksi. Menurut istilah'aqidah adalah suatu keyakinan kuat yg terpatri dalamhati bawha tidak ada Tuhan selain Allah dan NabiMuhammad adalah utusan Allah serta membenarkan semua yg datang dari Allah termasuk ketentuan atauketetapan-Nya.Aqidah yg benar adalah 'aqidah yg didasarkan atas landasan tauhid.

Tauhid artinya mengesakan Allah. Lawandari tauhid adalah syirik (menyekutukan Allah denganyg lain). Jadi Aqidah adalah mencakup IMAN dan TAUHID.Iman artinya keyakinan kepada Allah, para Malaikat,Kitab-kitab yg diwahyukan Allah kepada para Rasul-Nya,

para Rasul Allah, hari Akhirat, serta ketentuan baikdan buruk dari AllahAqidah Sebagai Pondasi Amal.Setiap amal dalam islam sangat terkait dengan Aqidah.Nilai amal tergantung pada tingkat kebenaran Aqidah yg diyakini seseorang. Maka, setiap orang islamdiwajibkan beriman agar amalnya mempunyai nilai.Amalan yg tidak didasarkan atas Iman dan Tauhid, tidakada gunanya. Sehubungan dengan ini Allah menyatakandalam surah An-Nahl : 97"

Barang siapa mengerjakan amal saleh, baik laki2maupun perempuan dalam keadaan beriman, makasesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yg baik dan sesungguhnya akan Kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yg lebih baik dari apa yg telah mereka kerjakan"

Ayat diatas menjelaskan 4 hal yaitu :
1. Amalan kaum laki2 dan perempuan mempunyai nilai yg sama
2. Syarat amalah yg mendapat pahala di sisi Allahadalah mempunyai pondasi Iman dan Tauhid.
3. Manfaat amal shalik adalah hayatan thayyibah(kehidupan bahagia)
4. Di akhirat diberikan ganjaran pahala yg lebih baik bagi orang yg beramal shalih dengan pondasi Iman Sebaliknya, amalan orang2 kafir ibarat fatamorgana,hampa, dan tidak ada nilainya disisi Allah meskipun yg dikerjakan itu amal baik. Dalam kaitan ini,

Allahberfirman :"Dan orang2 yg kafir amal2 mereka adalah laksana fatamorgana di tanah yg datar, yg disangka air olehorang2 yg dahaga, tetapi bila didatanginya air itu diatidak mendapatinya sesuatu apapun. dan di dapatinya(ketetapan) Allah disisinya, lalu Allah memberikankepadanya perhitungan amal2 dengan cukup dan Allahadalah sangat cepat perhinganNyaAtau seperti gelap gulita di lautan yg dalam, yg diliputi oleh ombak, yg diatasnya ombak (pula),diatasnya (lagi) awan; gelap gulita ygtindih-bertindih, apabila dia mengeluarkan tangannya,tiadalah dia dapat melihatnya, (dan) barang siapa ygtiada diberi cahaya (petunjuk) oleh Allah tiadalah diamempunyai cahaya sedikitpun" (An-Nuur : 39-40)

ayat di atas menggambarkan amalan orang2 kafir sebagaiberikut :
1. Amalan orang kafir seperti fatamorgana
2. Orang kafir tidak memperoleh pahala dari amal ygdikerjakannya
3. Kehidupan orang kafir dalam kegelapan karena tidakada iman dan tauhid
4. Allah tidak memberikan cahaya-Nya kepada orangkafir.Seruan Kepada Agama

Tauhid :"Katakanlah :"hai Ahli Kitab, marilah (berpegang)kepada suatu kalimat (ketetapanidak ada perselisihanantara kami dan kamu, bahwa tidak kita sembah kecualiAllah dan tidak kita persekutukan Dia dengan sesuatupun dan tidak (pula) sebagaian kita menjadikan sebagian yg lain sebagai tuhan selain Allah. Jikamereka berpaling maka katakanlah kepada mereka :

"Saksikanlah, bahwa kami adalah orang2 yg berserahdiri (kepada Allah)" (Ali Imran : 64)
ayat di atas menegaskan bahwa semua agama yg dibawaoleh para Rasul adalah agama Tauhid, yaitu agamaberdasarkan atas keyakinan terhadap Allah yg Esa,tanpa ada unsur syirik sedikitpun. Semua agama samawi(berdasarkan wahyu) bertemu pada prinsip Tauhid.

"Maka hadapkanlah wajahmu dengan lurus kepada agama(Allah); tetaplah atas fitrah Allah yg telahmenciptakan manusia menurut fitrah itu. Tidak adaperubahan pada fitrah Allah. Itulah agama yg lurus,tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui." (Ar Ruum: 30

Ayat diatas mengandung pesan bahwa manusia diajakuntuk kembali kepada agama yg sebenarnya, yaitu agamaIslam yg diciptakan Allah untuk manusia sesuai denganfitrah manusia itu sendiri. Jika manusia memilih agama lain, maka akan berlawanan dengan fitrahnya.

=== Islam Sebagai Agama Bagi Manusia ===

Sesungguhnya agama yg diridhoi di sisi Allah hanyalah islam. Tiada berselisih orang2 yg telah diberiAl-Kitab kecuali sesudah datang pengetahuan kepadamereka, karena kedengkian yg ada diantara mereka.

Barang siapa yg kafir terhadap ayat2 Allah makasesungguhnya Alah sangat cepat hisab-Nya " (Ali Imran: 19)

"Barang siapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang2 yg rugi"(Ali Imran : 85)

Dua ayat di atas menegaskan bahwa di antara agama2 ygdianut oleh manusia, hanya agama islam yg diakui dandiridhoi Alah. Agama-agama lain tidak mendapat tempatdi sisi Allah.

=== Hidup dan Mati Dalam Islam ====
"Hai orang2 yg beriman, bertakwalah kepada Allahsebenar-benar takwa kepadaNya, dan janganlahsekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragamaislam" (Ali Imran : 102)

Ada 2 point pentind dari ayat di atas :
1. Orang beriman diperintahkan untuk meningkatkantaqwa secara optimal.
2. Kematian yg khusnul khatimah adalah mati dalam keadaan islam.
Wallahu a'lamsalam semoga bermanfaat bagi kita semua.amin...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar